Senin, 18 Januari 2016

Penyakit turun

Menganalisis Kemungkinan Penyakit yang Diturunkan Orang Tua


Menganalisis Kemungkinan Penyakit yang Diturunkan Orang Tua – Pasti Anda sering mendengar jika ada beberapa penyakit yang diderita oleh seseorang karena faktor keturunan. Diabetes melitus misalnya, lemah jantung, paru-paru, gangguan kejiwaan dan penyakit lainnya.
1
Hal ini memang benar adanya, karena informasi genetik yang ada pada orang tua akan diturunkan pada anak-anaknya. Informasi genetik ini diturunkan melalui sebuah gugusan asam nukleat yang dinamakan DNA. DNA sendiri berada di seluruh sel tubuh manusia. Karena seperti namanya, DNA berada pada sebuah inti sel atau nukleus, makanya dinamakan gugusan asam nukleat.
Melalui DNA ini tak hanya penyakit yang diturunkan, tapi juga informasi biologis lainnya. Seperti misalnya golongan darah. Sebut saja ketika seorang ayah memiliki golongan darah A, ibu memiliki golongan darah O, maka anaknya bisa memiliki golongan darah A atau O.
Untuk mengetahui hal-hal seperti ini tidaklah sulit, karena sudah ada teori yang bisa digunakan untuk mengupas tuntas sejarah atau silsilah warisan genetik keluarga khususnya untuk cara atau pola penurunan penyakit yang dinamakan dengan analisis pedigree.
Melalui analisis ini ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, antara lain yaitu:
  1. Mengetahui pola penurunan penyakit dari keluarga di derajat di atas kita, seperti orang tua, kakek nenek dan maupun di derajat menyamping.
  2. Mengetahui lebih dini bagaimana cara penyakit bisa timbul.
  3. Mengetahui probabilitas atau kemungkinan terjadinya suatu penyakit pada suatu kondisi biologis tertentu.
  4. Untuk berjaga-jaga dan mawas diri atau menghindari hal-hal tertentu yang akan semakin membuat terpicunya sebuah penyakit.
  5. Mengetahui seberapa berat penyakit yang mungkin diderita dibandingkan penderita-penderita sebelumnya di kalangan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Text

Blogroll

About

Blogger templates

Weekly post